Minggu, 09 Juni 2013

Contoh Proposal Usaha Aksesoris

   PROPOSAL USAHA AKSESORIS
O
L
E
H
NAMA                  : APRIATIN AETAMI
KELAS          : XI – TKJ 1
NO. ABS        : 6 ( ENAM )


Pembimbing       : Bu. Rauhul Ilhami S.pd
A.  URAIAN USAHA
1.      Latar Belakang Usaha
Aksesoris merupakan suatu pernak-pernik atau hiasan yang biasanya sering digunakan oleh perempuan, dengan tujuan untuk mempercantik diri atau agar lebih menarik. Perempuan akan tertarik dan berminat untuknmengoleksi aksesoris-aksesoris yang lucu,unik dan bagus.
            Oleh karena itu, aksesoris banyak diminati banyak orang,merintis usaha baru dengan membuka took aksesoris merupakan suatu pilhan usaha yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan. Hal ini dikarenakan, aksesoris banyak diminati oleh sebagian besar perempuan sehingga permintaan akan barang aksesoris tersebut juga banyak.
            Dengan adanya peluang dan banyak peminat  maka memulai usaha baru dengan membuka took aksesoris merupakan sesuatu pilihan yang cukup tepat. Dengan memproduksi barang yang unik, lucu dan bagus serta harga yang relative terjangkau, maka akan dapat menarik minat banyak orang untuk membeli.
2.      Prospek Perusahaan Peluang/Kesempatan
a.       Tempat Strategis
Saya akan membuka tokok aksesoris tersebut di pinggir jalan besar/utama , tempat ini saya kira sangat strategis , selain jalan yang dilewati banyak orang, masyarakat juga membuat tempat ini menjadi pusat perhatian karena tempat ini berhadapan dengan pasar umum.
b.      Persaingan
Banyaknya pesaing yang menjual dengan cara grosiran , baik di dalam pasar maupun di pinggir jalan.
c.       Lingkungan
Lingkungan sangat mendukung karena tempat ini menjadi pusat perbelanjaan di wilayah ini. Selain di depan pasar, tempat ini juga terletak di pinggir jalan utama sehingga banyak pejalan kakib atau pengendara yang akan melihat.
3.      Hambatan
·         Adanya pembeli yang memilih/memegang barang sampai rusak sehingga kecacatan barang tidak dipertanggungjawabkan oleh pembeli.
·         Dan area parker di depan toko sangat sempit mengakibatkan konsumen parkir di pinggir jalan dan akan membuat jalan macet.
4.      Pemecahan Masalah Usaha
·         Dengan menggunakan etalase sebagai tempat penyimpanan barang, jika pembeli sudah memilih barang yang akan diinginkan akan langsung diambilkan.
·         Area parkir bisa dilahan kosong sebelah lokasi penjualan.
B.  PRODUK
1.      Bentuk
Bentuk usaha ini bisa sendiri bisa juga berkelompok, tetapi saya membuka usaha ini dengan sendiri (Individu).

2.      Jenis
Saya akan menjual barang – barang seperti :
·         Kalung
·         Cincin
·         Gelang
·         Jam tangan
·         Boneka
·         Ikat rambut
·         Bros
·         Bingkai
·         Gantungan kunci
·         Bandul, dll
3.      Kegunaan
Sebagai pernak – pernik dan untuk mempercantik diri serta membuat diri menjadi lebih menarik. Dan juga memiliki kepuasaan tersendiri bagi konsumen.
C.  LOKASI
1.      Backward Linkage
Pembelian produk lumayan jauh karena saya mengambil barang langsung dari pusat produksi.
2.      Forward Linkage
Lokasi yang akan saya tempati sangat strategis, disamping pusat perbelanjaan, disana juga banyak anak muda yang mempunyai minat tinggi untuk membeli barang – barang aksesoris.
D.  PASAR DAN SEGMEN PASAR
1.      Segmen Pasar Bagi Pemasaran Produk
Semua konsumen dari semua kalangan, baik dari kalangan atas, menengah dan kalangan bawah, karena harganya terjangkau.
2.       Jenis Pasar Yang Dimasuki
Untuk kalangan anak – anak, remaja, sampai dewasa, karena aksesoris ini untuk anak – anak muda untuk mempercantik diri, baik laki – laki maupun perempuan.
3.      Posisi Perusahaan Dalam Pasar
Posisi perusahaan dalam pasar sangat strategis, disamping lokasinya dekat dengan keramaian, disana juga menjadi pusat untuk berbelanja dan banyak orang dari kalangan menengah ke atas.
E.   PERSAINGAN
1.      Jumlah Pesaing Yang Dihadapi
Memang usaha ini banyak mempunyai pesaing, tetapi dengan mempunyai kualitas yang lebih tinggi, maka konsumen akan lebih puas dan konsumen member informasi kepada orang banyak.
2.      Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Pesaing
·         Menciptakan karyawan yang ramah
·         Menyediakan barang yang menarik dan berkualitas
·         Menyediakan property pendukung, seperti :
o   Ruang 3 dimensi
o   Suasana musik
o   Warna/cat tembok
o   Kaca
F.   LAPORAN KEUANGAN
1.      Neraca

Aktiva
Harta

Kas                              Rp 10.000.000
Utang Rp  5.500.000
Persediaan barang       Rp   2.000.000

Peralatan                        Rp    2.500.000

Piutang                           Rp    1.000.000
Modal Rp 10.000.000
Total                               Rp  15.500.000
Total Rp 15.500.000
1 barang                                   = Rp 3.500.000
Biaya Variabel/Rata – rata       = Rp 2.000.000
2.      Laporan Laba/Rugi
Pendapatan dari usaha pokok        = Rp 4.000.000
Pendapatan dari usaha sampingan = Rp 3.000.000
Total                                              = Rp 7.000.000

Beban (biaya)
Beban usaha          = Rp 2.500.000
Beban diluar usaha            = Rp    500.000
Total                      = Rp 3.500.000

Laba/Rugi  = Total pendapatan – total biaya
                  Rp 2.000.000
3.      BEP (Break Even Point)
Titik impas       = Titik peluang pokok

Q BEP  = TFC : P – AVC

TFC     = Total Fixed Cost (total biaya tetap)
P          = Price (harga)
AVG    = Average Variabel Cost (Biaya Variabel Rata – rata)

Q BEP  = 3.500.000 : 3.500.000 – 2.000.000
            = 3.500.000 : 1.500.000
            = 230.000
4.      Sumber Permodalan
Modal sendiri               = Rp 20.000.000
Modal pinjaman           = Rp 10.000.000
Total                            = Rp 30.000.000
G.  SUMBER DAYA MANUSIA
1.      Jumlah Karyawan
Karyawan yang saya butuhkan mungkin berjumlah 3 orang, sebagai :
·         2 orang penunggu barang
·         Dan 1 orang kasir
2.      Latar Belakang Pendidikan Karyawan
Nama Karyawan
Pendidikan Karyawan
M. Arif Rizal Abdi
SD, MTS, SMA
Rosita Wati
SD, SMP, SMA
Miyanda Syafitri
SD, SMP, SMK

H.  PROPOSAL KREDIT
1.      Alokasi Kebutuhan Dana
Sewa tempat                      = Rp   4.500.000
Penyediaan barang             = Rp   2.000.000
Peralatan                            = Rp   1.000.000
Total kebutuhan dana        = Rp 10.000.000
2.      Total Kebutuhan Dana
Total kebutuhan dana adalah Rp 10.000.000
I.    LAMPIRAN

0 komentar:

Posting Komentar